Jasa Pembuatan Lemari Pakaian

Jan 31, 2017 | | 2 comments

Tukang Bikin Lemari Wardrobe I Harga Biaya Pembuatan Lemari Baju I Jasa Buat Lemari Kayu Murah I Tukang Lemari Jakarta Depok Tangerang Bogor Bekasi I Jenis Bahan Lemari Kayu I Jasa Finishing Lemari Pakaian

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, kata lemari memiliki arti peti besar tempat menyimpan sesuatu (seperti buku, pakaian). Sementara menurut wikipedia, lemari atau almari merupakan salah satu produk mebel yang biasanya berukuran relatif besar yang dapat digunakan untuk menyimpan aneka barang. Menurut KBBI III, lemari adalah peti besar yang memiliki pintu/berpintu, tempat menyimpan sesuatu barang (seperti buku, pakaian).

Sejarah lemari pakaian terbentuk dari cerita yang panjang, berawal dari abad pertengahan di Inggris. Awalnya, Lemari berasal dari peti kecil yang digunakan untuk menyimpan pakaian. Lemari tersebut tersimpan di tempat tinggal dari keluarga bangsawan, seperti banyak ditemukan di  ruang di kastil, istana abad pertengahan. Pada mulanya lemari pakaian berupa loker yang dipasang pada dinding yang digunakan baik sebagai ruang ganti dan ruang penyimpanan untuk pakaian.

Ruangan itu kadang-kadang digunakan untuk menyimpan barang-barang lainnya seperti perhiasan koin, bulu dan rempah-rempah dan kegiatan lain seperti rambut dan pembuatan gaun sering berlangsung di ruang pakaian. Dengan berjalannya waktu, loker tersebut berubah menjadi lemari pakaian modern mandiri dengan rak yang menarik dan ruang tempat menggantung pakaian.

Pada awal abad ketujuh belas lemari pakaian mulai dibuat menjadi bentuk yang modern sebagai bagian dari mebel kayu berdiri yang dirancang untuk menyimpan pakaian. Karena saat itu hutan di Inggris sudah kehabisan pohon kayu maka bahan dasar lemari kayu diimpor dari Amerika. Lemari dibuat dari kayu ek yang kokoh,sangat besar, dan rumit tapi diukir dengan front yang dekoratif.

Kini lemari banyak yang terbuat dari kayu mahoni namun dengan satinwood yang halus proses pembuatan lemari menjadi lebih mudah. Pembuat furnitur terkenal seperti Thomas Chippendale memiliki desain yang indah yang diukir pada potongan kayu dan yang lain seperti Thomas Sheraton dan George Hepplewhite menggunakan artistik dari kayu yang sangat halus untuk efek yang besar.

Bahan Kayu Membuat Furniture Lemari Pakaian

Pada dasarnya, semua jenis kayu bisa digunakan sebagai bahan baku untuk membuat furniture, asalkan kayu tersebut memiliki tingkat kekerasan (bukan tingkat kegetasan) yang baik. Mengapa? Sebab, kayu yang memiliki tingkat kekerasan yang baik, dapat dengan mudah diproses seperti dipotong, diukir, diamplas dll. Jadi, intinya, apapun jenis kayunya asalkan memiliki tingkat kekerasan yang cukup bisa digunakan untuk membuat furniture ataupun perabotan lainnya yang terbuat dari kayu.

Tetapi, dari semua jenis kayu keras yang ada saat ini, sedikitnya hanya ada 6 jenis saja kayu yang sering atau biasa dipakai oleh masyarakat sebagai bahan baku untuk membuat beraneka macam produk furniture seperti meja, kursi, lemari, pintu dll. Keenam jenis kayu tersebut banyak dipilih atau digunakan bukan hanya karena mudah diproses tapi juga karena pertimbangan sisi kualitas kayu serta furniture yang dihasilkan nantinya. Dan keenam jenis kayu yang sering digunakan untuk membuat furniture tersebut antara lain:

Bahan-bahan untuk membuat furniture terdiri dari berbagai jenis yaitu :
1. Kayu solid
Kayu solid yang banyak digunakan untuk furniture adalah kayu jati. Kayu jati ini pun banyak mempunyai ragam dan jenis sehingga harganya bisa bervariasi dari jati yang satu ke jati yang lain. Perbedaan umur kayu jati sendiri akan menghasilkan perbedaan harga yang lumayan, dimana kayu jati muda dan kayu jati tua bisa mempunyai perbedaan sampai 2 kali lipat. Kayu jati dikenal tahan cuaca dam tahan melawan serangan rayap. Kayu-kayu lain yang cukup terkenal adalah kayu Sungkai dan kayu nyatoh.

2. Kayu Lapis atau plywood
Kayu lapis atau kita kenal juga dengan nama multipleks adalah kayu olahan yang dibuat dengan merekatkan beberpa lembaran kayu dengan mesin bertekanan tinggi. Ketebalannya bervariasi dimulai dari 4mm s/d 18 mm. jenis kayu ini banyak digunakan untuk pembuatan kitchen set, lemari ataupun wardrobe.

3. Blockboard
Blockboard adalah kumpulan kayu berbentuk kotak kecil yang disatukan dan dipadatkan oleh mesin bertekanan tinggi dan diberi lapisan di kedua sisinya, dimana lapisannya bisa menggunakan venner kayu jati, sehingga hasilnya disebut teakblok. Banyak juga digunakan oleh pembuat kitchen set, lemari, meja dan lain-lain.

4. HDF & MDF
HDF (High Density Fibreboard) & MDF (Medium Density Fibreboard) terbuat dari kayu sisa hasil perkebunan. HDF lebih padat dan kuat dibanding MDF.

5. Particle Board
Particle board terbuat dari hasil sisa pengolahan kayu, seperti serbuk gergaji, potongan kayu kecil-kecil yang diolah dengan bahan kimia sedemikian rupa sehingga menjadi lembar yang utuh. Kurang kuat jika dibandingkan dengan bahan-bahan furniture lainnya dan termasuk paling murah.

Untuk pembuatan lemari pakaian, kami menyediakan segala furniture dengan bahan seperti diatas. Walaupun begitu, yang custom made sesuai dengan permintaan pelanggan, seperti kitchen set ataupun wardrobe, kami buat menggunakan blockboard (teakblock), multipleks dan kayu jati.

Photo Flipbook Slideshow Maker

 Jenis Lemari Pakaian

Di zaman sekarang, desain lemari sudah banyak variasinya. Tidak hanya untuk menyimpan pakaian, lemari juga sudah banyak yang didesain secara multifungsi sesuai perkembangan teknologi dan juga kebutuhan masyarakat saat ini. Aneka model lemari juga telah banyak varian ukurannya, mulai dari yang paling kecil untuk menyimpan pakaian-pakaian dengan frekuensi kecil, hingga lemari pakaian yang cukup besar untuk menampung semua kebutuhan sandang keluarga. Lemari modern memiliki sejumlah desain yang elegan dan tetap bersahaja meskipun tetap simpel. Di bawah ini akan diperlihatkan inspirasi lemari pakaian dengan desain yang modern.

Ada banyak jenis dan model lemari pakaian saat ini, mulai dari plastik, kaca, kayu dan sebagainya. Setiap bahan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung penggunaan dan penempatannya. Untuk lemari plastik memang banyak digunakan karena praktis dan tidak terlalu berat. Namun lemari kayu tetap menjadi favorit sebab lebih kokoh dan terkesan modern.

Lemari Pakaian Modern
Kesan minimalis biasanya tampak dari model desain lemari pakaian modern, yakni bentuknya yang flat atau datar serta tingginya yang menjulang. Warnanyapun bermacam-macam dan terlihat lebih eksotis, misalnya saja warna merah menyala atau warna putih. Selain itu, ukuran lemari juga menjadi penentu tampilan ruangan. model desain lemari pakaian sebaiknya tetap disesuaikan ukurannya agar tidak terlalu besar dan menjadi sentral, karena cukup mengganggu tampilan ruangan.

Lemari Multifungsi
Jika Anda mendengar atau melihat model lemari pakaian yang bisa menjadi meja belajar sekaligus mungkin sudah biasa. Namun seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, kini lemari pakaian makin memiliki banyak fungsi, seperti menyimpan benda-benda dengan beragam bentuk, hingga mampu dijadikan tempat tidur yang fleksibel. Namun model lemari ini masih cukup jarang. Kesan multifungsi tidak hanya dari lemari seperti itu, namun juga model desain lemari pakaian yang memiliki komposisi bidang yang tidak sejajar di dalamnya, sehingga memberikan kesan unik namun tetap elegan.

Bahan Finishing Lemari Kayu

Untuk menunjang hasil akhir sebuah lemari pakaian wardrobe, bahan material yang digunakan dilapisi bahan finishing agar tampilannya lebih indah. Bahan ini pula yang melindungi material biasa agar tahan lama dan terhindar dari zat yang dapat merusak. Material ini akan menutup 100% seluruh permukaan kayu dan menyembunyikan tampak aslinya. Bentuk fisiknya dapat berupa cat dan lapisan (laminate) dalam bentuk lembaran atau rol. Sebaiknya bahan yang digunakan benar-benar berkualitas.Beragam bahan banyak ditawarkan di pasaran mulai dari cat duco, melamik, polyurethane (PU), polyesther, vinir, tacon, akrilik, high gloss panel hingga HPL (High Pressure Laminate).dan lain-lain nya.

Cat Duco

Cat Duco merupakan tipe finishing yang paling mahal namun bisa membuat lemari pakaian tampak elegan dan hasilnya tahan lama. Dengan pilihan warna yang beragam, finishing cat duco lebih mengedepankan kekuatan dan kekokohan dari bahan itu sendiri. Untuk mendapatkan hasil maksimal, diperlukan waktu yang cukup untuk menyelesaikan pekerjaan dengan finishing duco ini. Bagi yang menyukai warna mengkilap bisa menggunakan glossy finishing, dan bagi yang sebaliknya bisa menggunakan doff ataupun semigloss.

Cat duco lebih banyak menggunakan methode penyemprotan(spray) dari pada kuas pada permukaan furniture. Berkat kemajuan teknologi, warnanya saat ini sangat bervariasi seperti dapat memberikan efek batuan, motif batu, marmer, motif pecah seribu maupun motif perak, tembaga, emas dan warna-warna menyolok lainnya.Cocok untuk furnitur bernuansa modern, minimalis dan juga furnitur anak.

Kekurangan finishing cat duco adalah harganya relatif mahal. Apabila sudah dicat, serat asli tidak bisa dikembalikan lagi dan masih sangat tergantung dengan cuaca di dalam proses pengeringannya. Serta cat duco tidak bisa mengalami pengecatan berulang karena akan merubah tingkatan gradasi warna.

Laminate
Adalah methode finishing furnitur dengan merekatkan bahan pelapis di permukaan furnitur. Proses pelapisan menggunakan lem khusus kayu, seperti lem kuning. Pelapis yang umum digunakan antara lain veneer, PVC, decosit, tacon, HPL.

Veneer
Terbuat dari serat tipis kayu asli. Motifnya tergantung jenis kayu ; ada motif jati, sungkai, nyatoh, kamper atau mahoni. Furnitur yang dibri lapissn ini mirip kayu asli sehingga tampilannya benar2 alami. Dijual dalam bentuk gulungan dengan lebar 10-20 cm, harganya relatif mahal.

PVC (Polyvinyl Carbonate)
Merupakan lapisan berbentuk lembaran dan terbuat dari plastik. Permukaannya lebih halus dibanding bahan dari plastik lain, seperti tacon dan decosif. Berbentuk lembaran ukuran 120 cm x 240 cm dan tebal 3 mm. Pilihan warna terbatas, hanya ada coklat dan warna turunannya. Harganya relatif murah.

Decosif
Terbuat dari bahan plastik, lebih tipis dari tacon. Berbentuk gulungan dengan tinggi 120 cm, tebal kurang dari 1 mm, sedang panjangnya tidak terbatas. Mempunyai variasi motif cukup banyak. Harganya paling murang dibanding jenis laminate lainnya.

Tacon
Sama seperti Decosif, terbuat dari plastik. Berbentuk gulungan dengan tinggi 120 cm, tebal kurang dari 1 mm, sedang panjangnya tidak terbatas. Variasi motif cukup banyak dan permukaannya bertekstur. Harganya per meter lari.

HPL (High Pressure Laminate)
Terbuat dari campuran Akrilik dan kayu. Lapisan luarnya menyerupai kayu dan mengandung serat-serat kayu, tapi bagian belakangnya akrilik. HPL biasanya berbentuk lembaran ukuran 120 cm x 240 cm dan tebal 3 mm. Variasi motif dan warna cukup banyak serta permukaannya bertekstur. Harga bervariasi tergantung merk dan motifnya. Warna polos relatif murah dan paling mahal warna silver.
Keunggulan HPL adalah mengandung unsur kayu, cocok bagi yang ingin menampilkan warna-warna alami kayu. Bahan ini kuat (karena cukup tebal) dan elastis sehingga bisa ditekuk untuk melapisi bagian tepi furniture.

High Gloss Panel

High Gloss Panel Bahan ini memiliki tampilan permukaan yang licin dan mengkilap seperti kaca.Di bagian luarnya diberi lapisan duco, materialnya terlihat mewah dan tahan terhadap goresan.Kelebihan bahan finishing ini dapat ditekuk sehingga tidak terlihat sambungan pada sudut dan tepi lemari.

Cara Menghitung Biaya Pembuatan Lemari Pakaian

Pada prinsipnya cara menghitung biaya pembuatan lemari pakaian dihitung per meter persegi (per m2) dengan asumsi lebar lemari adalah 60 cm. Jika lebih dari 60 cm maka akan ada perhitungan ulang. Serta jenis bahan material dan bahan finishing yang digunakan.

Contohnya adalah sebagai berikut :
1. Jika anda ingin membuat lemari dengan ukuran panjang 2m tinggi 3m.
Maka cara menghitungnya adalah 2m x 3m x harga @m.
Harga @m ditentukan dari jenis finishing yaitu :
a. Duco/melamic (jenis semprot) 2.5jt
b. HPL (lamimnate) 2.1jt
c. Tacosheet (laminate) 2jt

Sehingga didapat perhitungan sebagai berikut :
2m x 3m = 6m/segi
6m/segi x Rp 2.500.000 (untuk finishing duco) = Rp 15.000.000

Lebar lemari tidak ikut dihitung, karena kita mengambil lebar lemari standar 60cm
Tetapi apabila anda ingin lebar lemari melebihi 60cm maka akan ada sedikit penambahan harga. Harga ini tidak berlaku untuk jenis bahan material kayu solid yang mahal seperti kayu jati, kayu merbau dan lainnya.

Harga lemari  ditentukan oleh material yang di pakai, Anda bisa memilih material yang paling ekonomis, material yang sedang, dan material yang premium. Masing-masing material memiliki kelebihan dan kekurangan, dimana material premium memiliki kekuatan yang baik di banding material yang ekonomis. Selain material dasar, di lemari minimalis , anda bisa mengkombinasikan material seperti menggunakan acrylic pada bagian tertentu, menggunakan stainless, menggunakan alumunium dan lain sebagainya.

Selain material, harga lemari minimalis di tentukan oleh model lemari. Apakah anda ingin membuat model yang sederhana, atau anda akan membuat model yang cukup rumit. Siapa yang menentukan model lemari ? Ya Anda lah yang menentukan model lemari yang harus kami produksi. Kenapa model yang cukup rumit lebih mahal dari pada model lemari biasa ? Karena model yang rumit di perlukan SDM yang memiliki pengetahuan yang baik dan berpengalaman dalam membuat lemari, memerlukan waktu untuk riset dalam membuat model yang rumit, serta terakhir memerlukan waktu pengerjaan dan bahan yang lebih banyak dari pada model lemari biasa.

Ukuran lemari, harga lemari minimalis juga di tentukan oleh ukuran lemari, Apakah anda ingin membuat lemari dengan ukuran yang kecil, atau ingin membuat lemari dengan model yang cukup tinggi dan panjang. Ukuran lemari mempengaruhi bahan dan waktu pengerjaan, karenanya ukuran lemari mempengaruhi harga lemari.

Finishing lemari. harga lemari  juga di tentukan oleh finishing lemari yang di pilih. Ada banyak macam finishing lemari, namun untuk mempermudah di kelompokan dalam 4 kelompok harga. Kelompok pertama adalah finishing  lemari menggunakan decosheet, yang kedua adalah finishing lemari menggunakan HPL, yang ketiga adalah finishing lemari menggunakan melamic, dan yang terakhir finishing melamic menggunakan duco. Masing-masing finishing lemari memiliki keunggulan dan kelemahan berdasarkan karakteristik jenis finishing.

Photo Flipbook Slideshow Maker

Jasa Tukang Bikin Pembuatan Lemari Pakaian Wardrobe

Workshop kami di Depok namun sebagai tukang lemari berpengalaman kami melayani jasa pembuatan lemari pakaian di seluruh Jakarta Bogor Tangerang Depok dan Bekasi (Jabotabek). Untuk area Bogor kamu melayani Pembuatan lemari pakaian bogor, pembuatan lemari pakaian cimanggu, pembuatan lemari pakaian sentul, pembuatan lemari pakaian bojong gede, pembuatan lemari pakaian cibinong, pembuatan lemari pakaian leuwiliang, pembuatan lemari pakaian yasmin, pembuatan lemari pakaian semplak, pembuatan lemari pakaian kemang, pembuatan lemari pakaian tanah sereal, pembuatan lemari pakaian cilendek, pembuatan lemari pakaian parung, pembuatan lemari pakaian jampang, pembuatan lemari pakaian ciampea, pembuatan lemari pakaian atang sanjaya, pembuatan lemari pakaian tajur, pembuatan lemari pakaian sukasari, pembuatan lemari pakaian pakuan, pembuatan lemari pakaian ciseeng, pembuatan lemari pakaian kayu manis.

Untuk pembuatan lemari pakaian di daerah Depok kami melayani Pembuatan Lemari/wadrobe sekitar Cibubur, Lemari Pakaian Ciracas, Lemari Pakaian Sukatani, Lemari Pakaian Mekarsari, Lemari Pakaian Kelapa Dua, Lemari Pakaian Pekayon, Lemari Pakaian kelapa Dua, Lemari Pakaian Pasar Minggu, Lemari Pakaian Slipi, Lemari Pakaian Bogor Raya, Lemari Pakaian Cibubur, Lemari Pakaian Cimanggis, Lemari Pakaian Depok, Lemari Pakaian depok, Lemari Pakaian Lenteng Agung, Lemari Pakaian Kebagusan, Lemari Pakaian Cijantung, Lemari Pakaian Margonda, Lemari Pakaian Gunung Putri, Lemari Pakaian, Lemari Pakaian Karang Tengah, Lemari Pakaian Jatinegara, Lemari Pakaian Manggarai, Lemari Pakaian Petukangan, Lemari Pakaian Kalibata, Lemari Pakaian Kayu Manis, Lemari Pakaian, Setia Budi, Lemari Pakaian Cempaka Putih, Lemari Pakaian gandaria, Lemari Pakaian mampang, Lemari Pakaian cipete, Lemari Pakaian jagakarsa. Jasa pembuatan lemari pakaian cibubur, pembuatan lemari baju di cibubur, tukang bikin lemari cibubur, bikin wadrobe costum cibubur, pabrik pembuatan bikin lemari di cibubur, harga bikin pembuatan lemari pakaian cilangkap, pesan lemari di cipete, pesan bikin furniture costum di ciracas, harga bikin lemari pakaian di cibubur, jual lemari pakaian cibubur, harga lemari costum permeter depok.

Jasa Pembuatan Lemari Pakaian Margonda, Pembuatan Lemari Baju Di Citayam, Tukang Bikin Lemari Cisalak, Bikin Wadrobe Costum Cimanggis, Pabrik Pembuatan Bikin Lemari Di Depok 1, Harga Bikin Pembuatan Lemari Pakaian Cilangkap, Pesan Lemari Di Cipete, Pesan Bikin Furniture Costum Di Ciracas, Harga Bikin Lemari Pakaian Di Cinere Depok, Jual Lemari Pakaian Depok, Harga Lemari Costum Permeter Depok

Untuk pembuatan lemari pakaian di daerah Tangerang kami melayani Jasa Pembuatan Wadrobe/Lemari Pakaian Tanggerang, Jasa Pembuatan Wadrobe/Lemari Pakaian Serpong, Jasa Pembuatan Wadrobe/Lemari Pakaian BSD, Jasa Pembuatan Wadrobe/Lemari Pakaian Bintaro, Jasa Pembuatan Wadrobe/Lemari Pakaian Ciledug, Jasa Pembuatan Wadrobe/Lemari Pakaian Jombang, Jasa Pembuatan Wadrobe/Lemari Pakaian Karawaci, Jasa Pembuatan Wadrobe/Lemari Pakaian Cisauk, Jasa Pembuatan Wadrobe/Lemari Pakaian Cipondoh, Jasa Pembuatan Wadrobe/Lemari Pakaian Pamulang, Jasa Pembuatan Wadrobe/Lemari Pakaian Pondok Aren, Jasa Pembuatan Wadrobe/Lemari Pakaian Ciputat, Jasa Pembuatan Wadrobe/Lemari Pakaian Cempaka Putih, Jasa Pembuatan Wadrobe/Lemari Pakaian Rempoa, Jasa Pembuatan Wadrobe/Lemari Pakaian Cireundeu, Jasa Pembuatan Wadrobe/Lemari Pakaian Dago, Setu Tanggerang, Jasa Pembuatan Wadrobe/Lemari Pakaian Ciater, Jasa Pembuatan Wadrobe/Lemari Pakaian Pondok Kacang, Jasa Pembuatan Wadrobe/Lemari Pakaian Pondok Ranji, Jasa Pembuatan Wadrobe/Lemari Pakaian Lengkong Gudang, Jasa Pembuatan Wadrobe/Lemari Pakaian Sudimara, Jasa Pembuatan Wadrobe/Lemari Pakaian Cikokol.

Posted in: Lemari Pakaian | Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.