Jasa Pembuatan Lemari Custom Lapis HPL

Feb 20, 2018 | | Say something

Lemari pakaian sering banyak model dan design kita temui dipasaran namun sering juga apa yang kita mau tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Maka solusinya adalah jasa pembuatan lemari custom lapis hpl. Untuk pembuatan lemari pakaian atau lemari penyimpanan lainnya, maka lemari cutsom adalah solusinya. Apa itu lemari custom? Lemari pada prinsipnya adalah tempat penyimpanan baik untuk penyimpanan semua jenis barang yang bisa kita simpan. Kita mengenal ada lemari pakaian atau baju, lemari wardrobe, lemari hiasan atau lemari pajangan, lemari buku, lemari arsip dan sebagainya.

Kita juga mengenal konsep lemari minimalis, yang banyak digunakan pada lemari pakaian atau wardrobe, namun ada juga lemari yang design dan penempatannya saat ini menggunakan konsep hemat ruangan. Sehingga kita bisa lihat ada tempat tidur yang desainnya disatukan dengan lemari pakaian dan meja belajar. Ada pula lemari yang desainya dibawah tangga menuju lantai 2 yang bisa disatukan dengan ruang keluarga. Ada pula lemari pakaian yang disatukan dengan meja makan dan tempat tidur apartemen dan sebagainya. Semua desain tersebut dibuat secara custom yang tentu saja tidak bisa ditemui di pasaran, karena ukuran dan jenisnya bisa berbeda.

Pembuatan lemari custom umumnya kita mengenal bahan material pembuatnya dari bahan kayu baik kayu solid atau kayu yang keras maupun kayu olahan. Apa beda keduanya? Kayu soli adalah kayu yang masih bentuk papan pada umumnya yang memang dari kayu gelondongan dibentuk papan tanpa ada penambahan atau proses lainnya. Kayu solid ini kita kenal seperti kayu jati, kayu sungkai, kayu sonokeling dan sebagianya. Kelebihanya jika kayu solid dibuat lemari akan awet dan bisa tahan lebih dari 30 tahun, namun biasanya harga lebih mahal dibandingkan dengan bahan kayu olahan karena kekuatannya tersebut, maka lemari kayu solid bisa diwariskan ke anak cucu. Namun bagi anda yang memang menyukai seni dan keindahan serta kekuatan, maka pilihan bahan kayu solid sebagai bahan lemari, baik lemari pakaian, lemari pajangan, lemari buku dan sebagianya adalah tepat dan menguntungkan dalam jangka panjang. Semakin lama bahan kayu solid umumnya akan semakin kuat dan nilainya bisa naik. Misalnya anda membuat lemari pakaian bahan kayu jati usia 20 tahun dengan harga 10 juta, maka 20 tahun mendatang harga lemari bisa mencapai 30 juta. Padahal anda membeli sekarang hanya 10 juta. itulah kelebihan lemari bahan kayu solid yang semakin lama akan semakin kuat dan menguntungkan secara ekonomis. Mungkin dalam 20 tahun ke depan anda hanya membutuhkan perbaikan sedikit dengan pengecatan plitur atau cat duco agar warna lemari lebih bagus dan nampak elegan cantik.

Berbeda dari bahan kayu solid, maka bahan kayu olahan kita kenal ada beragam macamnya, seperti plywood multipleks, mdf board, particle board block board dan sebagainya. Umumnya jenis kayu ini adalah sisa hasil pengolahan kayu atau istilahnya limbah kayu yang diolah kembali dengan proses kimia dan menghasilkan lembaran kayu yang bisa digunakan kembali. Kelebihannya adalah harga lebih murah, namun kekurangnnya adalah tidak awet dan tidak bisa dijadikan investasi seperti pada lemari berbahan kayu solid. Maka jika anda membuat lemari pakaian bahan kayu olahan saat ini, pada 20 tahun mendatang bisa jadi lemari anda sudah lapuk dan rusak akibat dimakan waktu. Maka lemari berbahan dasar kayu olahan ini memang menarik dan banyak digunakan sebagai bahan favorit karena bahannya murah dan dapat dibentuk sesuka hati. Umumnya lemari berbahan dasar kayu olahan akan lapuk dimakan air atau udara yang lembab, maka sering kali juga kita membeli lemari berbahan dasar kayu olahan yang baru dipakai 1 tahun daun pintunya sudah rusak dan tidak bisa diperbaiki. Maka dsini kita menjadi bijak untuk memilih dan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing masing lemari pakaian yang hendak kita buat.

Untuk pembuatan lemari custom umumnya kita mengenal beragam jenis finishing atau tampilan muka dari bahan utama, maka kita mengenal cat plitur, cat melamin, dan cat duco untuk jenis finising cat lemari custom. Umumnya lemari berbahan dasar kayu solid menggunakan finishing cat ini sedangkan untuk lemari custom berbahan dasar kayu olahan seperti plywood umumnya menggunakan bahan finishing hpl. Apakah itu hpl?

HPL (High Pressure Laminated) adalah bahan material finishing untuk interior dan furniture. HPL memiliki tiga lapisan antara lain overlay paper, pattern paper, dan craft paper yang diresapi dengan resin, lalu ditekan atau dipress dengan tekanan dan suhu tinggi sehingga membentuk lembaran laminasi. Hpl bekerja lebih baik sebagai penutup permukaan untuk cabintets, meja, kitchen set, dekorasi interior, dll meningkatnya biaya dan kekurangan pasokan bahan kayu yang nyata, seiring dengan meningkatnya permintaan dari bahan yang ramah lingkungan telah membuat HPL sebagai salah satu yang paling populer finshing bahan untuk produk furniture dan dekorasi interior. HPL lebih praktis, cepat dan lebih murah oleh karena itu dampak yang ditimbulkan berkurangnya omset penjualan bahan finishing yang diikuti meningkatnya pengangguran oleh pekerja finishing yang selama ini menggantungkan pekerjaan di sektor ini.

Berikut beberapa keunggulan material HPL sebagai finishing interior furniture:

  1. HPL tersedia beragam corak atau motif dan warna yang dapat dipilih sesuai selera.
  2. Warna dan motif lebih konsisten, tidak seperti finishing lain contohnya melamik dan cat duco yang mungkin bisa belang atau tidak sama lagi warnanya di kemudian hari pada jangka waktu yang lama karena memudar.
  3. Harga relatif lebih murah dibandingkan finishing lain.
  4. Tahan terhadap panas dan goresan.
  5. Permukaan HPL tahan air, walaupun sisi belakang tidak tahan air.
  6. Lebih mudah dan cepat proses pengerjaannya, cukup menggunakan lem kuning dan dipress.
  7. Mudah dalam perawatan

Kekurangan HPL. Namun disamping kelebihan-kelebihan tersebut, ada pula kelemahan material HPL ini, antara lain:

  1. Pengerjaan dengan HPL menyulitkan atau bahkan tidak mungkin untuk membuat bidang yang lengkung terlalu kecil, misalnya sudut lengkung dengan jari-jari 5cm. Karena itu biasanya bidang lengkung yang terlalu kecil tersebut akan menggunakan paduan dengan sheet plastik.
  2. Pemotongan HPL yang kurang sempurna akan mengakibatkan terlihat adanya lapisan ketebalan HPL dan banyak pula kasus HPL terlihat kurang rapi pada sudut-sudutnya.
  3. Secara fisik HPL sangat keras, tingkat flexibelnya rendah dan mudah patah sehingga jika tidak hati-hati akan meningkatkan biaya produksinya.
  4. Lapisan HPL sering lepas jika proses lem nya tidak sempurna
  5. Tampilan HPL tidak semewah Cat Duco.
  6. Dibanding Decosit, HPL sedikit lebih mahal.
  7. Bagian edging harus difinishing lagi.
  8. Kurang natural dibandingkan cat melamik, dimana cat melamik dapat menampilkan keaslian motif urat kayu dari material kayu yang dipakai.

Untuk pemasangan hpl diperlukan tukang hpl yang benar benar ahli dan bagus, karena kesalahan sedikit saja dalam pemasangannya akan mengakibatkan hpl tidak bisa terpasang dengan indah. Nah, berikut ini adalah cara pemasangan HPL Laminate yang benar:

  1. Pasangkan laminate pada panel multiplex dengan lem kuning, dengan dioleskan 2x pada masing-masing bidang multiplex dan hpl. Tunggu hingga cukup kering, kemudian tempelkan hpl pada multiplex secara perlahan dan ditekan secara berurutan ke arah luar. Hal ini dilakukan agar udara tidak terjebak di dalam dan hpl merekat kuat dan rata pada multiplex.
  2. Potong panel multiplex sesuai ukuran yang diinginkan dengan menggunakan meja potong.
  3. Setelah mendapat ukuran panel yang diinginkan, bersihkan dengan amplas pada bagian pinggir bekas potongan.
  4. Siapkan edging yang akan ditempel pada pinggiran panel, berikan lem kuning 2x pada masing-masing permukaan. Tunggu hingga cukup kering, setelah itu tempelkan edging secara hati-hati ke pinggiran panel dan tekan secara berurutan ke arah pinggir hingga cukup kuat.
  5. Potong sisa pinggiran hpl dengan router, tipe mata pisau samping dan bentuk edging yang sudah rata dengan panel hpl tersebut. Jangan lupa haluskan dengan amplas.

Demikian merupakan cara pemasangan hpl laminate dan edging untuk furniutre. Lemari custom yang dibuat dapat dilapisi hpl sesudah kita memutuskan desain lemari custom yang dibuat. Untuk jasa pembuatan lemari custom, jasa pembuatan lemari hpl, jasa pembuatan lemari baju, jasa pembuatan lemari bawah tangga, biaya pembuatan lemari custom, biaya pembuatan lemari hpl silahkan hubungi kami sebagai perusahaan jasa interior furniture. Terimakasih

Posted in: Lemari Pakaian | Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.